EKTENSI FILE YANG BERPOTENSI BAHAYA PADA WINDOWS

microsoft.com
Ektensi Extensi format File Yang Berpotensi Bahaya Pada Windows - Kebanyakan orang tahu bahwa File .exe yang berpotensi berbahaya, tapi itu bukan ekstensi file yang harus kita hati-hati satu-satunya pada Windows. Ada berbagai ekstensi file lainnya berpotensi berbahaya - lebih dari yang Anda harapkan.


Mengapa Extension file Berpotensi Berbahaya?

Ini ekstensi file yang berpotensi berbahaya karena mereka dapat berisi kode atau mengeksekusi perintah sewenang-wenang. Sebuah file. Exe berpotensi berbahaya karena itu adalah program yang dapat melakukan apa saja (dalam batas-batas fitur 'User Account Control' ). File media - seperti gambar JPEG dan file musik MP3 Tidak berbahaya karena mereka tidak dapat berisi kode (Ada beberapa kasus di mana gambar dibuat untuk kejahatan atau file media dapat mengeksploitasi kerentanan dalam aplikasi penampil, tetapi ini kasus yang jarang terjadi dan dipatch dengan cepat.)

Program

EXE. - Sebuah file program executable. Sebagian besar aplikasi yang berjalan pada Windows. File exe.
PIF. - Sebuah informasi program file untuk MS-DOS program. Sementara PIF file. Tidak seharusnya berisi kode executable, Windows akan memperlakukan. PIFs sebagai file EXE yang sama. Jika mereka berisi kode dieksekusi.
APPLICATION. - Sebuah installer aplikasi dikerahkan dengan teknologi ClickOnce Microsoft.
GADGET. - Sebuah file gadget untuk teknologi desktop gadget Windows diperkenalkan pada Windows Vista.
MSI. - Sebuah file installer Microsoft. Ini menginstal aplikasi lain pada komputer Anda, meskipun aplikasi juga dapat diinstal dengan file exe..
MSP. - Sebuah installer Windows file patch. Digunakan untuk aplikasi patch yang disebarkan dengan file MSI..
. COM - Jenis asli dari program yang digunakan oleh MS-DOS.
SCR. - Sebuah Windows screen saver. Jendela screen saver dapat mengandung kode executable.
HTA. - Sebuah aplikasi HTML. Tidak seperti aplikasi HTML berjalan di browser, HTA file. Dijalankan sebagai aplikasi terpercaya tanpa sandboxing.
CPL. - Sebuah file Control Panel. Semua utilitas ditemukan di Control Panel Windows. File CPL.
MSC. - Sebuah Microsoft Management Console berkas. Aplikasi seperti editor kebijakan kelompok dan alat disk manajemen. File MSC.
. JAR -. JAR file berisi kode dieksekusi Java. Jika Anda memiliki runtime Java diinstal,. JAR file akan dijalankan sebagai program.

Script

BAT. - Sebuah file batch. Berisi daftar perintah yang akan dijalankan pada komputer Anda jika Anda membukanya. Awalnya digunakan oleh MS-DOS.
CMD. - Sebuah file batch. BAT Mirip dengan., Tapi ini ekstensi file diperkenalkan pada Windows NT.
VB. , VBS. - Sebuah file VBScript. Akan mengeksekusi kode yang disertakan VBScript jika Anda menjalankannya.
VBE. - Sebuah file VBScript dienkripsi. Mirip dengan file VBScript, tapi itu tidak mudah untuk mengatakan apa sebenarnya file tersebut akan dilakukan jika Anda menjalankannya.
JS. - Sebuah file JavaScript. . JS file biasanya digunakan oleh halaman web dan aman jika berjalan di browser Web. Namun, Windows akan berjalan. File JS di luar browser dengan sandboxing tidak.
BEJ. - Sebuah file JavaScript dienkripsi.
WS. , WSF. - Sebuah file Windows Script.
WSC. , WSH. - Windows Script Komponen dan file Windows Script Host kontrol. Digunakan bersama dengan dengan file Windows Script.
. PS1 , PS1XML. , PS2. , PS2XML. , PSC1. , PSC2. - Sebuah Windows PowerShell script.Menjalankan perintah PowerShell dalam urutan yang ditentukan dalam file.
MSH. , MSH1. , MSH2. , MSHXML. , MSH1XML. , MSH2XML. - Sebuah file script Monad.Monad kemudian berganti nama PowerShell.

Shortcuts

SCF. - Sebuah Windows Explorer file perintah. Bisa melewati perintah berpotensi berbahaya ke Windows Explorer.
LNK. - Sebuah link ke program di komputer Anda. Sebuah link file berpotensi mengandung baris perintah atribut yang melakukan hal-hal yang berbahaya, seperti menghapus file tanpa bertanya.
INF. - Sebuah file teks yang digunakan oleh autorun. Jika dijalankan, file ini berpotensi menjalankan aplikasi berbahaya itu datang dengan atau lulus pilihan berbahaya untuk program disertakan dengan Windows.

Lain

REG. - Sebuah file registry Windows. REG file. Berisi daftar entri registry yang akan ditambahkan atau dihapus jika Anda menjalankannya. Sebuah file berbahaya. REG bisa menghapus informasi penting dari registri Anda, menggantinya dengan data sampah, atau menambahkan data berbahaya.

OFFICE MACROS

DOC. , XLS. , PPT. - Microsoft Word, Excel, dan dokumen PowerPoint. Ini dapat berisi kode makro berbahaya.
. DOCM , DOTM. , XLSM. , XLTM. , XLAM. , PPTM. , POTM. , PPAM. , PPSM. , SLDM. - ekstensi file baru diperkenalkan pada Office 2007 (M) pada akhir ekstensi file menunjukkan bahwa dokumen berisi Macro. Sebagai contoh, sebuah file. DOCX tidak mengandung macro, sementara file. DOCM dapat berisi macro.
Ini bukan daftar lengkap. Ada jenis lain dari ekstensi file - seperti PDF -. Yang memiliki serangkaian masalah keamanan. Namun, untuk sebagian besar jenis file di atas, tidak semuanya berbahaya. Mereka ada untuk menjalankan kode atau perintah pada komputer Anda.