PENJELASAN USB TYPE-C: APA ITU DAN KELEBIHANNYA?

PENJELASAN USB TYPE-C: APA ITU DAN KELEBIHANNYA?
Apple MacBook memiliki satu port USB tipe-C,. Ini adalah standar USB baru.

USB Type-C terkait erat dengan standar baru lainnya, seperti USB 3.1 untuk kecepatan yang lebih cepat dan USB Power Delivery untuk meningkatkan daya pengiriman melalui koneksi USB.


Type-C Jenis Bentuknya Baru

USB Type-C adalah konektor fisik baru yang kecil atau micrp. 

Jika perangkat lain ingin menggunakan USB, juga! Port USB besar tidak akan muat di smartphone, kamera digital, pengendali permainan (Stik ps dan semacamnya), dan semua perangkat lain di luar sana. Sehingga lahirlah micro konektor melalui USB. Begitu banyak bentuk lain dari konektor lahir, termasuk "mikro" dan "mini" konektor.

USB Type-C adalah standar konektor baru yang sangat kecil. Ini adalah ukuran ketiga dari plug USB Tipe A. Ini adalah standar baru, yang di harapkan semua perangkat bisa memakainya.
  1. Mau menghubungkan hardisk ekternal dengan laptop, BISA
  2. Mau ngecharge smartphone juga BISA
Semuanya dengan USB TYPE-C / TIPE-C



USB Untuk Pengiriman Daya

Saat ini, smartphone, tablet, dan perangkat mobile lainnya sering menggunakan koneksi USB untuk mengisi daya. Sebuah koneksi USB 2.0 memberikan hingga 2,5 watt daya - yang akan mengisi telepon Anda, tapi itu tentang hal itu. Sebuah laptop mungkin memerlukan hingga 60 watt, misalnya.

Tapi dengan USB-Type C ini diharapkan dapat menghantarkan daya hingga 100 watt, jadi bisa untuk ngecharge laptop.


USB TYPE-C vs USB 3.1 ?

Sama seperti tipe C, 3.1 adalah standar baru dalam USB. 
  1. Secara teori USB 3.1 dapat menghantarkan data hingga 10 Gbps, namun tipe C hanya 5 Gbps
  2. Dalam hal perangkat mereka mempunyai kelebihan masing-masing. USB 3.1 dapat di pasang di rata-rata laptop dan komputer, sedangkan tipe C juga bisa dipasang di perangkat mobile yang tidak dapat dipasangi 3.1 , contohnya N1 , nokia tablet android.