Cara Agar Tidak Boros Saat Belanja

pergi ke toko
pergi ke toko - lifehacker

Kita semua membeli barang-barang yang tidak benar kita butuhkan dari waktu ke waktu. Tidak apa-apa untuk mengikuti keinginan anda sekali-sekali, selama Anda berada dalam kontrol. Jika anda selalu merasa bersalah, penyelasan di akhir, diluar kontrol, berikut adalah cara untuk mengontrol diri anda untuk berbelanja yang tepat sebelum menginjakkan kaki di toko.

Sebelum itu mari ingat beberapa hal kenapa anda bisa beli barang yang tidak anda butuhkan, membuat anda boros:

  • Warna: Toko menggunakan warna untuk membuat produk kelihatan lebih menarik,  mereka juga menggunakan warna pada label harga. Warnah merah yang menarik dapat mendorong anda untuk membelinya. Bila Anda melihat merah, ingatlah apa yang mereka coba lakukan pada otak Anda dengan warna itu. Anda tidak membeli sesuatu hanya karena itu dijual.
  • Barang Yang Sulit Ditemukan dan Rute Yang Sulit: Toko memaksa Anda untuk berjalan di sekitar barang-barang yang tidak anda perlukan, belilah barang yang anda benar butuhkan. Miliki daftar apa yang Anda butuhkan sebelum Anda pergi, pergi langsung ke itu! dan bayangkan itu satu-satunya barang di toko.
  • Touch Factor: Toko menempatkan barang-barang yang mereka ingin jual di tempat yang mudah, itu mendorong Anda untuk menyentuh/memegang mereka. Jangan lakukan itu! Segera setelah Anda mengambil sesuatu, anda pasti ingin memilikinya. Jangan mengambil apa-apa dan acuhkan barangnya.
  • Aroma dan Suara: Anda mungkin akan mendengar musik klasik, lagu upbeat ketika Anda berjalan ke sebuah toko. Musik upbeat membuat Anda bahagia dan bersemangat, saat musik bermain membuat Anda merasa betah di toko. Mereka juga menggunakan bau yang menyenangkan untuk menenagkan pikiran Anda. Nyaman dan pikiran tenang adalah kombinasi berbahaya bagi otak Anda saat berbelanja. Tak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menghindari hal ini kecuali Anda berbelanja online, waspada akan hal itu!

1. Buatlah Daftar Semua Barang dan Kategorikannya, PRIORITASKAN!

Buatlah daftar barang-barang dan sortirlah semua barang tersebut, mungkin ini akan memakan waktu. Sebelum anda membeli barang yang tidak dibutuhkan, kenalilah barang yang tidak anda butuhkan, sebelum terlambat dan berujung penyesalan.

Tujuan dari daftar ini untuk mengetahui barang apa yang anda tidak perlu lagi beli, barang yang harus dibeli pertama. Jujurlah kepada diri sendiri dan ketiklah semuanya, berikut adalah kategori pertama yang harus anda tulis.


  1. Butuh: Anda benar-benar perlu barnag ini untuk hidup hari ke hari.
  2. Kadang-kadang Butuh: Anda tidak perlu barang ini setiap hari, tapi Anda menggunakannya agak teratur.
  3. Ingin: Anda membeli barang ini karena Anda menginginkannya, bukan karena Anda membutuhkannya.
  4. Tidak Perlu: Anda tidak memiliki alasan bagus mengapa Anda memilikinya dan Anda sudah tahu jika barang itu dibuang, tidak terlalu berpengaruh.
Belilah yang anda butuh, prioritaskan dari yang butuh hingga tidak perlu, berurut dari nomor 1-2-3-4, belilah nomor 1 dulu baru nomor 2, dan seterusnya. Untuk membantu membuat daftar diatas ingatlah
  • Kapan terakhir kali saya menggunakan ini?
  • Kapan saya akan menggunakannya lagi?
  • Apakah membeli barang ini membuat saya senang atau menyesal?
Setelah semuanya terorganisir, ingatlah belilah yang butuh dulu, PRIORITASKAN! setelah itu baru yang kadang butuh, terakhir yang anda inginkan.

Setelah melakukan poin nomor 1, mulailah ke poin berikutnya

2. Berapa Banyak Uang Yang Terbuang Percuma?

Lihatlah betapa banyak uang yang anda buang percuma hanya untuk membeli barang yang di kategorikan tidak perlu, tanamkan di otak anda, jangan mau jatuh di lubang yang sama,

3. Ingatlah Tidak Hanya Barang Yang Memberikan Sukacita

Ada beberapa hal yang membuat anda senang yang tidak dapat dibeli dan tak ternilai harganya, seperti keluarga, teman dan lain-lain. Kehidupan ini tidak hanyalah soal materi dan barang-barang. Daftarkan hal non-material yang membuat anda senang!

4. "Apakah Barang Ini Harus Dibeli?" Tanyakan Diri Anda

Apakah ini rencana pembelian?
Apakah akan berakhir di daftar barang "tidak perlu" ?
Di mana aku akan meletakkannya?
Apakah anggaran saya cukup?
Mengapa saya ingin / membutuhkannya?
Tanyakanlah hal itu kepada diri anda sendiri sebelum membelinya, ingatlah selalu bahwa banyak hal yang perlu dibeli di lain waktu.

5. Selalu Ada Hal Yang Lebih Di Perlukan Di Lain Waktu

Ingatlah anda perlu menabung, untuk keperluan mendesak, simpanlah uang anda! jangan tertipu dan tergiur dengan diskon, beberapa hari kemudian barang yang di diskon itu tidak akan menolong anda jika ada hal mendesak, seperti anak anda sakit dan lain-lain.