Cara Menaikan Kualitas Tidur (dan Mengurangi Waktu Tidur)

cara tidur nyenyak


Banyak dari kita sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup dalam semalah, tapi apakah kita sudah tidur dengan benar? Meskipun penting untuk mendapatkan tidur yang cukup, tidur yang baik dan benar adalah lawan dari memperbanyak waktu tidur, sama manfaatnya namun berbeda caranya. Kami menanyakan kepada ahli soal tidur dan membuat penelitian tentang tidur, menaikan kualitas tidur, cara mengurangi waktu tidur tanpa menurunkan kualitasnya.

Mengapa Menaikan Kualitas Tidur Lebih Baik Daripada Kuantitas Tidur?

Itu adalah 2 hal yang berbeda antara tidur yang baik dan benar dan memanjangkan waktu tidur. Kita sering mendengar tentang bahaya waktu tidur yang kurang, tapi ada juga penelitian yang menunjukkan terlalu banyak tidur adalah masalah yang mengerikan. Satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Psychosomatic Penelitian menyimpulkan bahwa kualitas tidur lebih penting daripada kuantitas tidur.

Tinggalkanlah kebiasaan buruk anda. Pertama, mulai analisa tidur Anda, temukan tidur yang sempurna bagi Anda. Banyak aplikasi bagus yang dapat membantu. 8 jam tidur tidak ada gunanya jika Anda semalam menghabiskan waktu untuk mabuk-mabukan kelayaban dan mulai tidur pada waktu shubuh, waktu tidur yang salah dan kegiatan semalam yang salah akan tetap membuat anda terbangun dengan sakit kepala. Setelah Anda belajar untuk mengoptimalkan waktu Anda, Anda akan melihat hasil yang lebih baik, cobalah tidur lebih awal dan tinggalkan kebiasaan buruk yang akan menurunkan kualitas tidur anda.

Kunci Untuk Tidur Yang Lebih Baik adalah Kualitas Tidur

Mengoptimalkan tidur Anda sangat bergantung pada tiga hal: 
  1. Persiapan (membangun kebiasaan tidur yang baik), 
  2. Lingkungan (lingkungan yang nyaman untuk tidur yang optimal), 
  3. dan Waktu (dapatkan waktu tidur yang tepat). 
Dr. Nitun Verma, MD, seorang spesialis Stanford University terlatih dalam kedokteran tidur dan Direktur Medis dari Washington Township Pusat Gangguan Tidur di Fremont, akan memberikan beberapa tips untuk menigkatkan kualitas tidur agar anda bisa mengurangi waktu tidur anda yang terlalu banyak (mungkin, meningkatkan kualitas tidur tanpa menambah waktu tidur).

1. Persiapan

Langkah pertama adalah membangun kebiasaan yang akan membantu Anda tertidur lebih cepat, lebih baik, dan lebih nyaman saat Anda beristirahat. Sebagai contoh:
  • Berolahraga secara teratur. Berolahraga pada pagi atau sore hari membantu Anda lebih cepat tertidur pada malam hari. Tapi jangan berolahraga tepat sebelum tidur, penelitian mengatakan akan berdampak buruk, memberikan efek yang sebaliknya.
  • Hindari alkohol, kafein, dan rokok. Ini contoh satu studi, diterbitkan pada tahun 1994, mendekati semua tiga topik, dan menyimpulkan bahwa alkohol dapat membantu Anda tertidur, tapi itu sebenarnya merusak siklus tidur anda. Hasil akhirnya adalah kacau, anda akan gelisah di malam hari yang memungkinkan anda untuk terbangun dari tidur. Kafein memiliki efek yang berbeda. Otak anda akan terpengaruh oleh kafein, sangat bagus untuk tidur siang, tapi tidak untuk nyenyak untuk tidur di malam hari. Rokok di sisi lain, atau secara khusus nikotin, dapat membuat rilex dalam dosis kecil, tapi terlalu banyak membuat Anda terjaga dan mencegah anda untuk tidur.
  • Kurangi Paparan Cahaya Layar Gadget. Perangkat elektronik membahayakan siklus tidur kita. Dr Verma menyarankan mematikan gadget Anda setidaknya 1-2 jam sebelum tidur "Layar layar pada tablet / ponsel / TV begitu cerah, mereka dapat membingungkan otak suprachiasmatic nucleus, atau SCN," ia menjelaskan. "Cahaya terang terlalu larut malam dapat membingungkan otak. Walau kita bisa tidur, tidur tidak akan nyenyak." 
  • Kebiasan Anda Sebelum Tidur. a. Lakukanlah kebiasan tidur anda lebih cepat, biasanya anda makan jam 10 malam, sekarang coba makan pada jam 7 malam, agar jam 9 anda sudah dapat tidur, ngomong-ngomong akan sulit tidur jika perut dalam keadaan lapar kan? . b, Jangan lupakan sesuatu yang penting, jangan ke kamar kecil agar anda tidak terbangun dari tidur untuk buang air kecil atau melakukan sesuatu yang lain.
Intinya persiapkan segalanya yang terbaik agar tidur anda di malam hari berkualitas. Anda tentu berkemas dan menyiapkan lainnya sebelum anda berpergian kan? lakukan pula untuk tidur anda!

2. Faktor Lingkungan

Sebelum Anda berbaring untuk tidur, Anda juga harus memastikan lingkungan Anda kondusif untuk istirahat malam yang baik:
  • Pastikan tempat tidur Anda benar-benar nyaman. Menurut perhitungan kehidupan, kebanyakan dari kita akan menghabiskan rata-rata 24 tahun hanya untuk tidur, tidur anda layak di investasikan. Beli kasur yang tepat, jangan sayang uang anda untuk membeli bantal yang bagus. Tidur Anda adalah penting, dan Anda harus memastikan untuk meningkatkan tidur Anda.
  • Sesuaikan suhu. Suhu yang tidak tepat dapat menyebabkan anda susah tidur, aturlah suhu ruangan anda senyaman mungkin.
  • Hindari cahaya yang menganggu. Jikalau bisa matikanlah semua sumber cahaya yang anda, selain lampu bisa saja TV, tablet, laptop atau apapun itu yang akan mengganggu mata anda ketika tidur.
  • Hindari Gangguan Lainnya. Apakah anda pernah terbangun karna notifikasi gadget anda, rubahlah mode handphone anda ke mode getar atau mode tidur. Hindari suara atau getaran notifikasi yang menggangu dari gadget anda. Mungkin ini terdengar jahat, kuncilah pintu ruangan anda, bisa jadi anak anda masuk dan membangunkan anda di tengah malam karena suatu hal yang sepele.

3. Pemilihan Waktu

Anda sudah tahu berapa lama waktu yang cukup untuk tidur, tetapi untuk yang terbaik Anda benar-benar harus pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. 

Dr Verma menyarankan alternatif. 
"Cara mengompitmalkan tidur yang sering orang lupa adalah tidur pada waktu yang sama setiap hari, atau setidaknya dalam jam yang sama. Jadi, daripada bangun siang pada hari libur, lebih baik anda bangun pagi dan siangnya anda tidur untuk menambah jatah istirat tidur anda pada waktu libur. "

Dapatkan Bantuan dari Ahlinya

terapi tidur

Akhirnya, jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas, atau bahkan jika Anda tidur untuk waktu yang lama dan tidak merasa beristirahat, mungkin sudah saatnya untuk berbicara dengan dokter Anda. Mungkin ada sejumlah masalah medis yang menyebabkan masalah tidur Anda, mereka semua dapat diobati. Anda mungkin menderita insomnia kronis, yang dapat diobati dengan obat penenang ringan. Anda juga bisa menderita sleep apnea, atau beberapa kondisi lain yang tidak terdiagnosis. Pada akhirnya, satu-satunya cara untuk tahu pasti adalah untuk memeriksa dengan dokter Anda. source gambar dari lifehacker