Cara Menghilangkan Rasa Gugup Sebelum Bicara di Depan Umum

Cara Menghilangkan Rasa Malu/Gugup Sebelum Bicara di Depan Umum

Berbicara di depan orang-bahkan kelompok kecil-dapat membuat anda guup. Anda merasa cemas, takut bahwa Anda akan mempermalukan diri sendiri. Sementara gugup tidak pernah bisa hilang sepenuhnya, masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu anda.

Start With The Right Perspective

Pertama-tama, penting bahwa Anda tahu tidak ada yang salah dengan Anda jika Anda merasa stres. Kecemasan berbicara di depan umum adalah sangat umum, jadi ingat bahwa Anda tidak sendirian. Mark Twain pernah berkata "Ada dua jenis pembicara. Mereka yang gugup dan mereka yang pendusta" itu benar. Bahkan pembicara publik yang paling berpengalaman dan kawakan masih cemas sedikit sebelum mereka melakukan hal mereka. 

Jadi tanyakan pada diri Anda: apa hal terburuk yang bisa terjadi? Kemungkinan orang tidak akan menakuti Anda, menertawakan Anda, atau berjalan keluar karena Anda membuat beberapa kesalahan. Berhenti membenturkan kepala Anda ke dinding dan fokus pada melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Fokuslah pada kelebihan anda. Preston Ni di Psychology Today menjelaskan bahwa itu sangat penting bahwa jangan mengharapkan kesempurnaan pada diri sendiri:

Kami memperbesar ketidaksempurnaan kita, sementara mengabaikan semua yang bagus dan baik. Yang benar adalah, bahkan yang terbaik, pembicara yang sangat berpengalaman membuat banyak kesalahan. Ketika mereka lakukan, mereka sembuh, dan semuanya baik-baik. Ini adalah salah satu kunci keberhasilan berbicara di depan umum: untuk terus berjalan dan mengobati diri anda sendiri. Para penonton tidak akan pernah tahu sebagian besar kesalahan Anda, kecuali Anda menghentikan pidato Anda, dan mengakui anda melakukan kesalahan. Lanjutkan dengan ketenangan. Sadar bahwa diri anda tidak perlu sempurna.

Ingat fokuslah pada kelebihan anda, tidak ada yang sempurna, manusia tidak ada yang sempurna, pembicara terkenal juga seorang manusia, begitupula dengan anda.

Berlatihlah di Tempat Dimana Anda Akan Berpidato

contoh ruangan anda akan berpidato
contoh ruangan anda akan berpidato
Banyak stres dan ketakutan berasal dari apa yang kita tidak diketahui. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi, mungkin Anda tidak tahu siapa yang akan berada di sana, dan Anda mungkin tidak akrab dengan ruangnya. Anda dapat mengurangi ketakutan dengan mengetahui beberapa faktor yang tidak anda ketahui. Edwin Beras di Noomii menyarankan menghabiskan beberapa waktu di ruang anda akan tampil sebelum orang lain sampai di sana jika memungkinkan:
Mengetahui semua hal tentang ruangan anda tampil. Anda akan dapat merencanakan di mana Anda akan berdiri dan bergerak selama presentasi. Anda tidak akan kaget nantinya.
Pikirkan tentang hal ini: tim olahraga pemanasan di lapangan, musisi sound check di atas panggung, dan pemain berlatih di ruang yang mereka akan tampil . Jelajahi ruang jika Anda memiliki kesempatan.. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk membawakan materi Anda dengan baik dan Anda akan merasa jauh lebih nyaman menghilangkan ketakutan yang tidak anda diketahui.

Minum yang Cukup, Olah-tubuh dan Jangan Lupa untuk Ke Toilet

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum tampil yang membantu mengurangi stres Anda. Pertama, pastikan Anda minum banyak air. Dehidrasi dapat membuat Anda merasa lelah dan dapat membuat mulut, tenggorokan, dan bibir kering, semua hal-hal buruk yang mengganggu anda berpidato. Tiba-tiba Anda tidak bisa memikirkan poin berbicara Anda karena Anda terganggu oleh fakta bahwa mulut Anda terasa seperti gurun yang kering. Maka Anda tidak hanya menekankan tentang bagaimana Anda akan diterima, tapi anda juga menekankan tentang apakah Anda bisa mengeluarkan kata-kata anda.

Jika Anda memiliki waktu di awal hari, latihan yang baik dan berolahraga dapat membantu Anda mengurangi stres anda. Hormon endorfin yang keluar saat berolahraga akan membantu anda. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga sebelumnya, beberapa menit dari  push-up, jumping jack, akan membantu. Tapi pastikan anda tidak terlalu berkeringan atau terlalu memaksa diri anda hingga kelelahan. Anda tidak ingin stres tentang itu juga.

10 sampai 15 menit sebelum penampilan Anda, cobalah untuk menggunakan toilet. Anda mungkin tidak berpikir Anda harus pergi ke toilet, tapi ada kesempatan baik maka gunakanlah, mungkin anda telah mengabaikan sinyal tubuh Anda. Anda tidak ingin khawatir untuk pergi ke toilet di pertengahan pidato atau tiba-tiba ingin ke toilet 30 detik sebelum Anda naik ke panggung.

Ambil Nafas Panjang dan Visualisasikan Objek Tertentu

bernafas panjang dan bermeditasi

Mengambil nafas panjang akan membuat anda tenang dan rileks, memvisualisasikan objek akan membuat anda lebih fokus.

... fokus pada apa yang Anda lihat dalam pikiran Anda. Pikirkan suatu bentuk yang dan memiliki warna, seperti kotak yang berwarna hijau, lingkaran kuning, segitiga biru. Pilih objek apapun yang tidak memiliki nada emosional (apa pun yang Anda lakukan, jangan memilih merah, merah adalah kemarahan dan kecemasan). Ini akan membuat berkonsentrasi dan fokus.

Tetap fokus pada gambar dan tariklah nafas secara perlahan dan dalam. Tempatkan satu tangan di dada dan satu di perut Anda, dan bernapas melalui hidung. Tubuh dan pikiran Anda akan merespon positif, dan tingkat kecemasan Anda akan sedikit menurun.

Pemanasan Tubuh dan Pita Suara


Ketika Anda memberikan pidato, suara Anda akan menjadi seperti halnya instrumen dalam bermusik. Latihan pemanasan sederhana dapat membantu meringankan kekhawatiran Anda. Sama seperti instrumen, suara Anda harus disetel dengan benar sebelum Anda dapat mulai berbicara. Mulailah dengan pemanasan suara Anda. Praktek ucapan dengan menggoyang lidah dan latihan lain yang sejenis untuk memanaskan lidah Anda, bibir, dan rahang. 
Semakin siap Anda merasa, Stres akan kurang terasa.

Sangat penting Anda tahu materi Anda dengan baik, tapi tidak bermaksud mengingat seluruh hal dan berulang-ulang, ini membuat anda tidak alami. Jika Anda sudah berlatih cukup dan tahu semua poin berbicara Anda, otot dan mental-memory akan keluar sendirinya saat anda berpidato nanti. Berlatih juga membuat anda tahu arah pembicaraan Anda sedang tuju.

Darlene Harga, penulis buku tentang Presentasi dan Percakapan merekomendasikan berdiri setidaknya lima menit sebelum Anda tampil:
Posisi duduk tidak bergerak, pasif, dan tidak aktif. Dengan berdiri, Anda memanggil energi dari waktu ke waktu, memberikan tubuh Anda kesempatan untuk pemanasan, dan menempatkan diri dalam posisi siap beraksi.

Dengan berdiri, Anda merasakan darah Anda mengalir dan tubuh akan lebih nyaman. Dari sini, Anda juga dapat melakukan beberapa peregangan untuk membantu sedikit.

Berbicara di depan umum memang tidak mudah, jadi jangan khawatir jika itu membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi handal. Hal ini dapat menakutkan, tetapi jika anda mempersiapkan semuanya, Anda akan menemukan bahwa itu layak. Selalu ingat jangan merendahkan diri anda, anda pasti bisa!

source gambar dari lifehacker