Perbedaan PCIe SSD, SSD dan HDD


perbedaan daleman ssd dan hdd

Di era sekarang ini, untuk membeli PC, laptop, netbook atau ultrabook ada pilihan perbedaan tempat penyimpannya. Jika Anda membeli sebuah ultrabook atau ultraportable, Anda mungkin memiliki solid-state drive (SSD) sebagai drive utama (C: pada Windows, Macintosh HD pada Mac). Dan biasanya drive yang lainnya memiliki hard disk drive (HDD). Karena SSD lebih cepat, seharusnya anda menaruh file program dan file sistem operasi windows anda di SSD dan file seperti film dan dokumen anda di HDD. Biasanya SSD ukurannya lebih kecil daripada HDD, jadi gunakanlah SSD hanya untuk menyimpan file program dan windows saja, HDD untuk menyimpan ratusan film dan dokumen anda.

Perbedaan HDD dengan SSD

Hard Disk Drive (HDD) digambarkan sebagai piringan yang berputar seperti kaset CD untuk penyimpanan file anda, beda dengan SSD datanya disimpan dengan memori flash yang berhubungan dengan chip-chip. Hal itu menyebabkan SSD lebih cepat, lebih rendah daya, merespon lebih cepat dan tentu harganya lebih mahal . Berikut adalah perbedaannya secara lebih lanjut, tentu perbedaannya bervariasi tergantung pada model SSD dan HDD yang digunakan, perbedaan dibawah ini hanya sebagai acuan.

perbedaan kecepatan, input output performance dan waktu respon hdd vs ssd

a. Perbedaan Kecepatan HDD vs SSD

Soal kecepatan SSD mengungguli HDD, SSD kecepatannya dapat mencapai 550 Megabyte Per Detik , sedangkan HDD hanya mencapai 125 Megabyte Perdetik (Untuk Laptop) dan 200 Megabyte Perdetik untuk HDD PC. Dengan kecepatan yang lebih cepat anda bisa:
  1. Booting windows lebih cepat dengan SSD. Untuk windows 7 mungkin anda bisa booting selama 63 detik jika menggunakan HDD, dan hanya 23 detik jika menggunakan SSD.
  2. Transfer File Lebih Cepat
  3. Menscan Virus Lebih Cepat
  4. Bermain Game Lebih Cepat
  5. Edit Video dan Photo Lebih Cepat
Jika menggunakan SSD.

b. Perbedaan Input/Output Performance HDD vs SSD

Sederhananya, input merupakan semua perintah yang dimasukan kedalam komputer untuk diproses dan output adalah hasil dari perintah tersebut. I/O Performance yang ditunjukan hardisk drive hanya mencapai 100 I/O (Laptop) 300 I/O (Personal Computer) , berbeda dengan Solid State Drive dapat mencapai 100K I/O.

c. Perbedaan Soal Kecepatan Respon HDD vs SSD

Kecepatan respon pada SSD seperti tanpa delay, hanya 0 koma sepersekian detik. Hal ini berbeda dengan HDD yang membutuhkan delay lebih lama.

d. Perbedaan Penggunaan Daya Listrik HDD vs SSD

SSD hanya menggunakan daya sebesar 2-4 watts sedangkan HDD menggunakan daya sebesar 6-7 watts. Dengan demikian jika anda menggunakan laptop, laptop anda dapat hidup lebih lama 30 menit jika menggunakan SSD dengan baterai yang anda gunakan.

e. Perbedaan Suhu SSD vs HDD: SSD lebih dingin

SSD berjalan pada suhu yang lebih dingin, membuat komputer anda tidak kepanasaan atau overheat. SSD berjalan antara 26-30 derajat celcius sedangkan HDD dapat mencapai 34-44 derajat celcius.

f. Perbedaan Berat SSD vs HDD: SSD lebih ringan

Anda menggunakan laptop? tentu menyulitkan jika membawa laptop yang berat di tas anda. Dengan SSD anda dapat meringkan beban laptop anda, SSD beratnya hanya 48 gram, HDD beratnya 113 gram

g. SSD vs HDD Soal Berisik atau Kebisingan

kebisingan pada SSD dan HDD

Soal kebisingan HDD sebenarnya mengeluarkan suara saat bekerja, entah berapa desibel. Sedangkan SSD tidak. 

Yap, begitulah perbedaan SSD dan HDD. SSD tentu jelas lebih baik daripada HDD. Tetapi HDD harganya jauh lebih murah dibanding SSD, saat ini mungkin SSD masih menjadi barang langka yang mahal, nanti mungkin setelah populer harganya akan terpangkas menjadi murah, mari tunggu saja. Oya perlu anda ketahui SSD lebih tahan lama dibanding HDD.

Update: Perbedaan PCIe SSD dengan SSD Biasa 


pcie ssd adalah

Sebuah solid-state drive, atau "SSD", jauh lebih cepat daripada hard disk drive tradisional (atau "HDD"). SSD telah tenar dan banyak digunakan, tapi generasi baru SSD, yang disebut SSD PCIe, secara perlahan mulai tenar. Apa perbedaanya dengan SSD biasa?

SSD menggunakan chip flash internal untuk menyimpan file Anda, sementara HDD menggunakan perangkat fisik, ada disk yang berputar untuk menyimpan file anda. Kelebihan SSD dengan HDD banyak, termasuk ukuran yang lebih compact, kebutuhan daya yang lebih rendah, dan kecepatan lebih cepat, yang berarti membuat komputer Anda akan boot dan meluncurkan program lebih cepat. Tapi PCIe SSD lebih bagus lagi, dengan menggunakan salah satu saluran bandwidth tertinggi di PC Anda untuk kecepatan yang lebih tinggi.

Perbedaan PCIe SSD dengan SSD Biasa: Kecepatan

Untuk memulai, anda harus tahu saluran apa yang digunakan SSD anda. Hampir semua SSD saat ini di pasar terhubung melalui apa yang dikenal sebagai SATA III, yang pada 3.0 format standar yang secara teoritis mampu mengirimkan data pada sekitar 6,0 Gigabits per detik, atau 750 Megabyte per detik. Dengan 750 MBps anda seharusnya bisa boot hanya dalam 5 detik dengan catatan file windows ada di SSD anda, apakah benar?

contoh SSD

Nah jika anda menggunakan Slot PCIe (bukan SATA), ini lebih cepat, sekitar 15.75 Gbps ketika benar-benar mencapai kecepatn maksimal. Itu bisa dibilang kecepatan gila untuk mentransfer sebuah data untuk sekarang ini, Pada prakteknya jika anda menggunakan PCIe SSD anda dapat mencapai 1.5GBps sampai 3.0GBps . Sebagai perbandingan, sebuah SSD SATA kecepatan membaca datanya hanya mampu memuat sekitar 550 MBps, dan untuk menulis data sedikit lebih lambat yaitu dari 500 MBps sampai 520MBps.

Ini bukan angka yang fix, dan akan bervariasi dari model ke model. Tapi secara umum, jelas bahwa SSD yang menggunakan PCIe lebih cepat daripada yang menggunakan SATA.

Jadi perbedaannya, SSD yang menggunakan saluran PCIe lebih cepat dibanding menggunakan saluran SATA. 

 Berikut adalah perbedaan SSD PCIe vs SSD Biasa vs HDD.
source gambar dari : wonderhowto, pcmag, ocz