Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Berkendara Menerjang Hujan dan Banjir
Berkendara Menerjang Hujan dan Banjir - LifeHacker
Sementara banyak pengendara yang senang melepaskan helm mereka dan menggantungkannya ditangan ketika cuaca yang semakin buruk, angka korban kecelakaan naik sepanjang tahun atau terutama kecelakaan terjadi dalam hujan. 

Berkendara saat hujan tidak berbahaya atau menakutkan. Hal ini juga tidak harus membuat anda basah kuyup, dingin, atau sengsara untuk mencapai tujuan Anda.

Langkah pertama adalah mendapatkan gear yang tepat.

Gunakan Pakaian & Aksesoris Yang Tepat

Anda tidak dapat berkendara dengan sempurna jika tangan anda merasa dingin dan licin untuk mengontrol stang motor anda, dan anda tidak dapat berkonsentrasi baik saat kedinginan. Maka dari itu gunakanlah jas ujan, atau satu set pakaian berkendara motor saat hujan, sudah banyak yang jual walaupun harganya jauh lebih mahal dari jas ujan.

Anda juga perlu sarung tangan anti air dan boots motor yang bagus agar air tidak membasahi kaki dan tangan anda. Pastikan pula helm anda tidak kemasukan air saat hujan, bocor.

Cek Kondisi Motor Saat Hujan

Jangan paksa berkendara saat hujan jika ban motor anda botak, licin. Atau parahnya kondisi rantai dan gear motor yang mulai rusak. Periksalah motor, ingatlah untuk menjaga kondisi motor tetap prima..

Kondisi Jalan

Pilihlah jalanan yang baik, hindari jalanan yang berlubang, sebisa mungkin ambil jalanan yang tidak tergenang air, bisa saja kita tidak tahu ada lubang di jalanan itu karena tertutup oleh genangan air.

Berkendaralah Secara Berbeda dan Benar, Strategi Berkendara

bawa motor matic keujanan
Mungkin di hari yang cerah anda biasa ngebut, disaat hujan pelankanlah laju motor anda. Ingatlah bahwa jalanan akan licin, menge-remlah secara benar, jangan rem mendadak dan semacamnya.

Ingat selalu jenis motor yang anda pakai, berkendaralah sesuai jenisnya. jika memakai motor thrill mungkin anda bisa sedikit lebih tenang karena dapat menantang medan yang ada, tetapi jika bawa motor matic, harus lebih hati-hati.