Tips Memilih Babysitter yang Tepat

babysitter jahat dan baik
babysitter jahat dan baik - LH

Mempercayai orang lain untuk mengurus anak-anak Anda memang cukup sulit, dan menemukan calon babysitter yang tepat menambah kesulitan anda. Inilah yang harus Anda lakukan untuk menemukan babysitter yang tepat.

Tulislah Kebutuhan Anak/Bayi Anda

Anda akan berpikir sederhana, kan? Anda membutuhkan seseorang untuk memastikan anak-anak Anda tidak mati atau mencorat-coret tembok jika anda sedang pergi. Tapi sebenarnya lebih banyak dari itu.

Menuliskan apa yang Anda inginkan dari calon babysitter anda akan membantu Anda mengetahui apa yang dibutuhkan dalam mencari pengasuh dan mempermudah memilih babysitter Anda nanti. Jika anda tahu kebutuhan apa saja untuk anak anda, maka coba bandingkan dengan hal dibawah ini.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih babysitter atau pengasuh anak anda :
  1. Biaya. Memang penitipan anak itu mahal, tapi jika calon babysitter meminta gaji terlalu tinggi, coba beralih ke orang lain. Perlu kerja keras untuk dapat menemukan pengasuh berkualitas di kisaran harga anda.
  2. Ketersediaan. Pikirkan tentang seberapa sering Anda akan membutuhkan mereka (harian? Mingguan?) Dan berapa jam Anda akan membutuhkan mereka (hanya untuk sore hari? Semalam?). Anda juga harus tahu apa jadwal mereka seperti jadwal kerja mereka jika mereka punya pekerjaan lain.
  3. Potensi tugas yang akan dia kerjakan. Apakah mereka akan mengantar jemput anak anda naik kendaraan? maka dari itu ia harus memiliki SIM. Apakah mereka memasak untuk anak-anak Anda? Ajari bahkan ikutkan ia les memasak. Apakah mereka juga harus menangani hewan peliharaan Anda? Keterampilan apa yang akan mereka butuhkan?
  4. Spesialisasi. Pilihlah yang spesifik, anda membutuhkan seseorang pengasuh yang biasa mengasuh balita jika anak anda balita pula, atau orang yang spesial dalam menangani anak berkebutuhan khusus.
  5. Pengalaman Kerja. Anda harus bertanya kepada mereka tentang pengalaman kerja mereka dan klien masa lalunya siapa. Jika anda beruntung, mungkin anda bisa menghubungi langsung klien masa lalunya dan menanyakan mereka. Ini mungkin terdengar berlebihan, tetapi jika memungkinkan anda boleh meminta SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang diselipkan di surat lamarannya. 
  6. Security. Anda mungkin butuh orang yang punya sertifikat dalam mengasuh dan bisa menggunakan kotak P3K, terutama jika mereka menghabiskan banyak waktu dengan anak anda.
  7. Inisiatif Mereka Untuk Bersosialiasi Dengan Anak Anda. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka akan menghabiskan waktu mereka dengan anak-anak Anda. Apakah mereka hanya duduk di depan TV? Atau apakah mereka memiliki rencana untuk bersenang-senang atau punya kegiatan yang mendidik?

Mencari Pengasuh dari Sumber yang Tepat

Carilah pengasuh di lembaga penyaluran babysitter yang bagus, atau mintalah rekomendasi dari teman dan keluarga anda.

Kenali Calon Babysitter

Wawancarailah mereka, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mereka. Mempercayai orang itu sulit, apalagi orang yang akan mengasuh anak anda.

Buatlah Hubungan Baik dengan Babysitter

Setelah dapat pengasuh yang tepat anda perlu mendekatkan diri anda ke pengasuh, mulailah untuk berkomunikasi dan sesekali tidak apa mentraktir mereka, apapun yang anda lakukan akan berbalik ke anda, karena mereka sekarang seperti keluarga, mengasuh anak anda. Jika anda baik ke mereka, mereka akan baik ke anak anda, begitupun sebaliknya, jadi pikirkanlah baik-baik.