5+ Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Bagaimana Cara Mempercepat Kinerja Komputer/Laptop yang Menggunakan Windows 10?

mempercepat kinerja windows 10
credit : thinkstock

Ingin Windows 10 berjalan lebih cepat? Kami dapat membantu. Jika komputer anda terasa lambat, Luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan beberapa tips berikut. Bagaimana cara mempercepat komputer laptop pc yang menggunakan os windows 10. Cara mempercepat kinerja windows 10.

1. Nonaktifkan startup program (Program yang Otomatis Berjalan Saat PC dihidupkan)

Salah satu alasaan windows 10 anda berjalan lambat mungkin karena banyak program yang berjalan di latar belakang, yang mungkin sebenarnya program tersebut jarang anda buka atau malahan tidak pernah di buka sama sekali. Menstop program tersebut agar tidak berjalan otomatis dapat membantu anda mempercepat komputer anda yang berjalan pada sistem operasi windows 10 atau lainnya.

Untuk menonaktifkan program start-up yang tidak perlu, buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete pada keyboard. Sebuah menu akan muncul; klik Task Manager untuk melihat program, proses, dan layanan yang sedang berjalan pada PC Anda.

Secara default, Task Manager akan di "mode tampilan sederhana," jadi klik more detail untuk membuka tampilan lebih rinci. Setelah anda mengklik more detail , buka tab startup . Untuk menonaktifkan program startup yang memulai secara otomatis saat windows dihidupkan, klik kanan programnya dan pilih Disable.

disable startup program di windows 10
credit: pc world


Nonaktifkanlah segala sesuatu yang tidak penting - tetapi pastikan untuk tidak menonaktifkan antivirus Anda. Jadi apa yang tidak penting? Google Chrome, Adobe Reader (untuk membaca PDF), Skype (video chat), dan Apple iTunes Helper (otomatis meluncurkan iTunes ketika perangkat iOS menghubungkan ke PC Anda). Beberapa program harus dibiarkan diaktifkan, bagaimanapun, termasuk layanan Intel dan AMD, audio dan program nirkabel, dan layanan cloud aplikasi seperti Dropbox, Google Drive, dan Microsoft onedrive.

  1. Buka Task Manager, Klik kanan pada panel sisi windows
  2. Klik More Detail
  3. Klik Tab Startup
  4. Klik kanan pada program yang tidak perlu dan klik disable

Masih bingung cara menonaktifkan program startup? buka Cara Menonaktifkan Program Startup Windows 10

2. Disable shadows, animation dan visual effect

Windows 10 memiliki tampilan yang bagus, animasi dan visual efeknya bagus. Memang fitur shadows, animation dan visual effect yang mempercantik tampilan kadang tidak memperlambat kinerja komputer. Tapi untuk komputer yang spesifikasinya rendah dan komputer tua, ini dapat memperlambat kinerja PC anda. Nonaktifkanlah! Disable!

performance option windows 10
credit: pcworld
Sangat mudah untuk menonakitfkannya, pada kotak pencarian search, tulis sysdm.cpl dan tekan enter.  Kemudian akan muncul kotak dialog System Properties. Klik tab Advanced dan klik "Settings" pada bagian Performance. Akan muncul kotak dialog Performance Options. Anda akan melihat daftar dari animasi dan efek khusus yang sedang aktif (dicentang) dan yang tidak aktif (tidak dicentang).

Sebenernya anda tidak perlu untuk menonaktifkannya satu-satu, tinggal klik Adjust for best performace, maka windows 10 akan otomatis menseting tampilan komputer anda untuk keperluan kinerja maksimal, bukan hanya mempercantik tampilan. Anda juga bisa menonaktifkannya satu-satu, berikut daftar yang mungkin anda perlu matikan karena kurang begitu penting:
  • Fade out menu items after clicking
  • Animate controls and elements inside windows
  • Show shadows under windows
  • Animate windows when minimizing and maximizing
  • Fade or slide menus into view
  • Animations in the taskbar
  • Fade or slide ToolTips into view

3. Jalankan Windows Troubleshooter

Windows 10 memiliki alat yang sangat berguna, dapat melacak masalah yang ada di komputer anda dan mencoba menyelesaikannya, sama seperti anjing pelacak yang dapat menemukan masalah tersembunyi.

Untuk menjalankan Windows Troubleshooter anda dapat mengklik search dan mengetik troubleshooter , pilih Troubleshooting Control Panel . Kemudian klik Run Maintenance Task pada System & Properties

windows 10 troubleshooter
credit: pcworld


Kemudian pemecah masalah windows otomatis akan berjalan membantu mengatasi masalah apa saja yang ada di PC anda. Menonaktifkannya 

4. Jalankan Performance Monitor

Ada alat di windows 10 yang dinamakan performance monitor, yang dapat menampilkan rincian kinerja, rincian sistem dan tentu rincian masalah dan menyarankan bagaimana cara memperbaikinya.

Untuk membukanya, ketik "perfmon /report" ke dalam search, pastikan ada spasi antara perfmon dan /report-nya. Mungkin untuk membukanya akan memakan waktu selama 60 detik bahkan beberapa menit sebelum kotak rincian performance monitor terbuka, bersabarlah.

jalankan performance monitor untuk mempercepat kinerja windows 10
credit: pcworld
Akan muncul rincian laporan kinerja di PC anda, anda dapat melihat secara detil dan mempelajarinya. Cobalah lihat kolom warning itu bisa jadi menunjukan masalah yang membuat PC anda lemot. Cobalah perbaiki masalah yang ada di kolom warning tersebut.

Anda juga dapat melihat pada resource overview, penggunakan hardware anda, jikalau penggunaannya hampir 100% anda dapat menambahkannya atau menggupgradenya. Contohnya pada ram, anda dapat menambahkan memori ram ke slot ram anda agar tidak sampai 100% penggunaannya. Menambah dan menggupgrade hardware komputer anda memang cara yang tepat dan pasti untuk mempercepat kinerja komputer anda.

5. Hapus Software 'Virus' (Bloatware / Addware dan Semacamnya)

Kadang faktor terbesar yang membuat kinerja laptop anda menjadi pelan adalah bukan windows 10 itu sendiri, tetapi bloatware dan adware yang memakan sumber daya sistem anda, menggunakan CPU berlebihan untuk berjalan. bloatware dan adware mungkin sangat berbahaya, kadang software tersebut terinstall tanpa diketahui, anda akan takjub melihat perbedaan kecepatan komputer anda disaat anda telah membunuh habis software 'virus' tersebut.

Pertama, Scan lah komputer anda dengan antivirus anda, jika anda sudah menginstall security suite seperti norton security atau mcafree livesave, anda dapat menggunakannya. Anda juga dapat menggunakan antivirus bawaan windows 10 anda 'Windows Defender' yang memiliki kemampuan sama, menghapus bloatware dan adware yang mengganggu. 

Anda juga dapat mendownload Malwarebytes Anti-Malware di www.malwarebytes.org

mempercepat windows dengan cara menghapus malware
credit: pcworld

Yap, anda dapat menghapus malware: bloatware, adware yang memakan sumber daya sistem komputer anda dengan aplikasi gratis semacam Malwarebytes Anti-Malware . Hapuslah software-software yang memberatkan PC anda, dan rasakan perbedaan kecepatanya.

Berikut adalah cara bagaimana mempercepat kinerja komputer yang berjalan di sistem operasi windows 10, itu adalah cara men-tweak windows 10. Punya cara lain atau pertanyaan? berikanlah di kolom komentar dan dapatkanlah tanggapan dari user lainnya.