Cara Mempercepat Booting Windows 10

Anda baru saja menginstal Windows 10 dan sekarang komputer Anda sedang memulai hidup yang baru. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mempercepat windows 10, Anda tidak sendirian - banyak pengguna telah menemukan bahwa waktu boot-up windows 10 lebih lambat. Saat ini mungkin belum ada update dan perbaik universal dari microsoft, tapi kami dapat memberikan beberapa tips untuk membantu mempercepat sistem operasi windows 10 Anda.

Cara Mempersingkat Waktu Boot Windows 10

Mempersingkat waktu booting, sama saja dengan mempercepat waktu menghidupkan windows 10. Inilah Cara mempercepat waktu booting windows 10:

1. Nonaktifkan Program Start-Up yang Tidak Perlu

Hal ini mungkin tampak jelas, semakin banyak program otomatis berjalan saat memulai windows 10 akan memperlambat waktu booting windows 10 anda. Anda dapat mempercepat waktu booting PC Anda dengan menonaktifkan program start-up yang tidak perlu. Anda masih akan dapat membuka program ini walau tidak secara otomatis. (Tip ini juga bekerja dengan versi Windows sebelumnya.)

Untuk menonaktifkan program start-up yang tidak perlu, bukalah Task Manager dengan menekan Ctrl + Alt + Delete pada keyboard Anda. Sebuah menu akan muncul; klik Task Manager untuk melihat program, proses, dan layanan yang sedang berjalan pada PC Anda.

Secara default, Task Manager akan di "mode tampilan sederhana," jadi klik more detail untuk membuka tampilan lebih rinci.

mempercepat booting windows 10: Klik more detail

Setelah anda mengklik more detail , buka tab startup


tab startup pada windows 10


Untuk menonaktifkan program startup yang memulai secara otomatis saat windows dihidupkan, klik kanan programnya dan pilih Disable.


disable startup program

Nonaktifkanlah segala sesuatu yang tidak penting - tetapi pastikan untuk tidak menonaktifkan antivirus Anda.

Jadi apa yang tidak penting? Google Chrome, Adobe Reader (untuk membaca PDF), Skype (video chat), dan Apple iTunes Helper (otomatis meluncurkan iTunes ketika perangkat iOS menghubungkan ke PC Anda). Beberapa program harus dibiarkan diaktifkan, bagaimanapun, termasuk layanan Intel dan AMD, audio dan program nirkabel, dan layanan cloud aplikasi seperti Dropbox, Google Drive, dan Microsoft onedrive.

  1. Buka Task Manager, Klik kanan pada panel sisi windows
  2. Klik More Detail
  3. Klik Tab Startup
  4. Klik kanan pada program yang tidak perlu dan klik disable

2. Aktifkan Fast Startup


Windows 10 memiliki fitur disebut fast startup. Ketika Anda mematikan PC Anda, fitur ini menyimpan informasi sistem anda menjadi file sementara, dan kemudian menarik informasi dari file untuk memulai komputer anda lagi - bukan reboot dari awal. Fast startup akan membantu komputer Anda mulai lebih cepat, jadi ini adalah cara untuk menyalakannya:

Buka Power Options. Anda dapat melakukan ini dengan pergi ke Control Panel> System dan Security> Power Options, atau Anda dapat membuka Settings> System> Power & Sleep dan klik Choose What The Power Button Do . Jika anda menggunakan laptop, anda bisa mengklik icon baterai dan klik More Power Option untuk masuk ke pengaturan lebih cepat.

klik choose what the power button do

Di bawah Shutdown Settings anda akan melihat pengaturan Turn On Fast Startup

turn on fast startup untuk mempercepat boot windows 10

Begitulah Cara Mempercepat Booting / Menghidupkan Windows 10. Cara Menonaktifkan Startup di Windows 10. Cara Menyalakan Fast Startup. source gambar dari ehow