Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat

Pada dasarnya, kebanyakan orang yang mempunyai kucing sangat sukai pada kucing yang bersih dan rapi. Kucing juga sekian, hewan itu cinta akan kebersihan dalam dianya umpamanya seperti perilaku hewan itu yang sering menjilati bulunya sendiri hingga bersih dan rapi. Walaupun itu, kucing yang berbulu panjang seperti persia betul-betul sulit untuk dirapikan bulunya karna bulu yang sangat panjang. Dalam perawatan bulu kucing memerlukan perlengkapan berupa sisir, sikat dan gunting. Perawatan bulu kucing yang memiliki bulu yang cukup panjang. 


Langkah Menjaga Bulu Anak Kucing Persia Agar Lebat

  • Menyisir 

Bulu anak kucing yang kusut membuat kesan hewan itu kurang tertangani dengan baik. Dampaknya anak kucing akan jadi kurang sehat karena terserang kutu serta kutu kecil itu dapat menyebabkan penyakit cacing pita. Menyisir bulu kucing tampak mudah. Nyatanya walaupun itu, menyisir bulu kucing yaitu hal yang cukup rumit dan sangat memerlukan kesabaran dan ketelitian. Menyisir bulu kucing semestinya searah dengan perkembangan bulu itu. Menyisir bulu kucing dimulai dari bagian kepala, leher, tubuh, dan bagian paling akhir yakni ekor. Bila berlangsung bulu kucing yang lengket, taburkan bedak sekedarnya agar bulu licin sampai mudah disisir. 

Langkah Menyisir Bulu Kucing : 
  1. Sisir bulu dari kepala hingga ekor ditangani berulang-kali dengan arah yang berlawanan sampai bulu-bulu tidak kusut. 
  2. Sisir bulu di sekitaran leher. Lakukan dengan arah yang berlawanan hingga bulu kucing mengembang. 
  3. Sikat bulu kucing dengar sisir sikat dibagian kepala. 
  4. Lakukan hal yang sama dibagian punggung hingga ekor untuk bersihkan bulu-bulu yang sudah mati. 
  5. Sikat kembali lewat cara perlahan pada semua bulu di sekitaran tubuh anak kucing kearah luar. 

  • Mencukur 

Anak kucing persia walau ukurannya kecil walau demikian memiliki bulu yang cukup panjang, bulu yang tumbuh kurang rapi butuh dicukur. Bulu-bulu yang butuh diperhatikan yakni di sekitaran bagian telapak kaki dan di sekitaran telinga. Pemotongan bulu dikaki dan di sekitaran telinga harus ditangani dengan hati-hati, agar tidak melukai bagian tubuh kucing itu. 

  • Memandikan 

Dari ia dilahirkan anak kucing belum juga dibolehkan untuk mandi karena kondisi tubuhnya yang masih tetap lemah. Bulu anak kucing itu dibersihkan oleh induknya lewat langkah menjilat bagian tubuh anak kucing itu. Kucing biasanya sudah dapat dimandikan pada usia kurang lebih 1 bln. keatas. Memandikan kucing mesti sangat hati-hati, pertimbangan cuaca sangat paling utama dalam memandikan kucing dan memandikan kucing sebaikanya ditangani pada kisaran jam 09. 00 – 10. 00. Gunakanlah shampo khusus untuk anak kucing dan mandikanlah anak kucing memakai air hangat. 

Cara Memandikan Kucing Berbulu Panjang : 

  1. Guyurkan air ketubuh kucing dengan hati-hati dan sedikit untuk sedikit hingga rata. Usahakan agar air tidak masuk dalam lubang telinga dan mata. 
  2. Tuang shampo sekedarnya ditangan lantas gosokkan shampo dibagian tubuh kucing dengan perlahan-lahan. Gosok-gosokan pada masing-masing bagian tubuh kucing dengan lembut dan gosokan dengan arah yang berlawanan arah agar menyentuh permukaan kulitnya. 
  3. Bersihkan dengan air hingga bersih. 
  4. Keringkan bulu dengan handuk yang lembut. Pengeringan memakai handuk bila handuk telah basah lantas pengeringan bulu kucing itu dapat ditangani dengan memakai alat pengering rambut. 
  5. Setelah dimandikan bulu kucing tampak lebih halus dan kucing itu terlihat bersih.  

Demikian mengenai cara merawat bulu anak kucing persia agar lebat. Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa, baca juga artikel tentang cara merawat anak kucing persia.