Loading...

Tips Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Loading...
Loading...
Ketika memutuskan untuk memulai bisnis atau usaha, tentunya membutuhkan modal awal sebagai pembuka jalan untuk berbisnis. Seringkali terdapat kendala saat kita ingin memulai untuk membuka usaha, mulai dari ide, sarana prasarana yang kurang mendukung, hingga hal yang paling utama yaitu modal usaha. Tentunya dibutuhkan ide-ide kreatif dalam membuka usaha. 


Selain itu, modal merupakan kunci utama yang harus Anda miliki dan siapkan untuk memulai usaha. Sering kali modal merupakan penghambat utama bagi Anda yang ingin membuka usaha. Anda harus memikirkan bagaimana cara mendapatkan modal minimal untuk membuka usaha.

Tips Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Besar kecilnya modal usaha yang Anda butuhkan, tergantung dari jenis usaha yang ingin Anda bangun. Jika Anda ingin membangun usaha jual beli pulsa, maka modal yang Anda butuhkan tidak terlalu besar. Berbeda jika Anda ingin membuka usaha dengan membangun dan membuka toko atau butik. Anda pasti akan membutuhkan modal usaha yang lebih besar. Untuk itu, sebelum membuka usaha, ada baiknya Anda memperhatikan jumlah dan besar modal yang Anda miliki saat ini dengan jumlah modal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha. Bagi Anda yang ingin membuka usaha dan kekurangan modal, Anda bisa meniru beberapa tips mudah mendapatkan modal usaha.

  • Menggunakan Uang Tabungan

Mungkin Anda akan merasa sedikit keberatan menggunakan tabungan sebagai modal usaha. Banyak pertimbangan yang Anda pikirkan saat menggunakan uang tabungan untuk modal. Untung rugi sudah pasti meruoakan hal yang wajib diperhatikan oleh para penggiat usaha. Namun tidak ada salahnya menggunakan uang tabungan sebagai modal usaha, apalagi jika Anda memang sejak awal berniat menabung sebagai modal untuk membuka usaha. Gunakan uang tabungan Anda untuk membuka usaha yang tepat, sehingga uang tabungan yang Anda miliki dan keluarkan sebagai modal dapat menguntungkan Anda. Jika Anda berniat menabung sebagai modal untuk membuka usaha, Anda perlu merubah pola hidup konsumtif Anda. tidak berlebihan dalam membelanjakan uang atau penggunaan kartu kredit. Untuk mengurangi penggunaan kartu kredit, Anda bisa menggunakan fitur keuangan yang bisa digunakan oleh mereka yang butuh pinjaman uang cepat. Dengan tidak membawa atau melihat kartu kredit di dompet, dapat membantu Anda untuk tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan kartu kredit agar tagihan tidak membengkak.

  • Meminjam Uang di Bank

Hal pertama yang kita lakukan saat belum  mendapatkan modal untuk usaha adalah dengan meminjam uang. Baik meminjam ke saudara, teman, atau bahkan ke bank. Meminjam uang di Bank adalah jalan alternatif yang paling sering dan paling banyak digunakan oleh masyarakat ketika mengalami kesulitan mendapatkan modal usaha. Biasanya, meminjam uang di bank dibutuhkan keberanian dan juga aset. Mengapa? Bank akan memberikan pinjaman uang ke nasabah apabila calon peminjam atau nasabah memiliki aset yang dapat dijadikan jaminan. Pihak Bank tentunya tidak akan memberikan pinjaman tanpa syarat. Biasanya jaminan bisa berupa surat rumah, surat kendaraan berupa BPKB dan STNK dan aset lainnya yang dijadikan jaminan dan akan kembali menjadi milik Anda setelah Anda bisa melunasi hutang atau pinjaman di Bank. Namun, Anda bisa melakukan pinjam uang tanpa syarat langsung cair yang bisa Anda akses melalui smartphone Anda tanpa perlu datang dan melakukan pinjaman ke bank.
  • Menggadaikan Aset

Jika Anda memiliki aset-aset penting seperti surat atau sertifikat tanah, surat-surat motor seperti BPKB dan STNK dan aset penting lainnya, kenapa tidak digadaikan saja? Menggadaikan aset merupakan jalan alternatif bagi Anda yang membutuhkan modal untuk membuka usaha namun sayang untuk menjual aset Anda. Anda dapat menggadaikan aset Anda ke perusahaan gadai. Aset Anda tetap utuh dan Anda juga mendapatkan modal untuk membuka usaha pribadi. Namun jangan lupakan aset Anda di perusahaan gadai ya. Anda perlu menebus kembali aset Anda di perusahaan gadai. Jika tidak ditebus, maka aset Anda akan seutuhnya menjadi milik perusahaan gadai tempat Anda menggadaikan aset. Jangan lupa mencatat tanggal jatuh tempo aset Anda di perusahaan gadai. Karena biasanya, perusahaan gadai juga menetapkan tempo untuk Anda menebus kemabali aset-aset yang telah Anda gadaikan.
  • Menjual Aset

Sebagian orang mungkin akan berpikir dua kali untuk  menjual aset-aset pribadi milik mereka. Namun bagi Anda yang membutuhkan modal untuk membuka usaha dapat memikirkan cara ini. Jika Anda memiliki aset-aset penting seperti emas, properti dan surat-surat penting lainnya, Anda bisa menjualnya untuk dijadikan modal usaha. Mungkin Anda menyayangkan aset-aset Anda akan jatuh ke tangan orang lain. Namun Anda tidak perlu khawatir. Jika usaha Anda sukses dan memiliki keuntungan lebih banyak, Anda dapat membeli aset-aset yang Anda jual dengan aset-aset yang lebih bagus lagi.
  • Meminjam Uang pada Keluarga atau Teman

Keluarga adalah orang-orang terdekat dan ternyaman bagi setiap orang. Keluarga juga merupakan orang yang paling memahami dan mengerti kita. Begitupun saat kita mengalami kesusahan, keluarga adalah orang pertama yang akan mebantu dan tetap setia menemani. Jika Anda mengalami masalah dengan modal untuk membuka usaha, tidak ada salahnya Anda mencoba meminjam uang ke keluarga Anda. Jangan malu meminta tolong pada kelurga Anda. Meminjam uang pada orang tua, saudara atau keluarga lainnya adalah proses peminjaman paling aman. Mereka pastinya tidak akan memberikan bunga atau waktu tempo untuk mengembalikan uang yang Anda pinjam. Keluarga akan mendukung kegiatan dan usaha Anda. Selain keluarga, Anda juga bisa meminjam uang pada teman atau sahabat Anda. tapi sebelum itu, Anda pastikan keuangan keluarga atau teman yang akan Anda pinjami dalam keadaan satbil dan memungkinakan untuk membantu Anda.
  •  Ide Kreatif

Dalam memulai bisnis atau usaha, tdak cukup bermodalkan uang yang cukup. Namun hal yang tidak kalah penting lainnya dalam memulai bisnis atau memulai usaha adalah ide yang cemerlang dan kreatif. Jika Anda tidak memiliki ide yang kreatif, Anda hanya akan bisa meniru apa yang terlebih dahulu telah dilakukan orang lain. Usaha yang kreatif tentunya akan menjual dan Anda bisa mencari sponsor untuk modal Anda memulai membuka usaha atau bisnis. Jika ide yang Anda tawarkan diterima, maka ini adalah langkah awal untuk mendapatkan modal secara continue atau berkelanjutan. Persiapka ide-ide cemerlang Anda, karena yang dibutuhkan dari dunia bisnis adalah inovasi dan ide kreatif Anda. Dunia bisnis terus berkembang dan mengalami perubahan. Bisnis tidak hanya sekedar mendapatkan uang, tapi juga berkreasi menghasilkan sebuah inovasi dalam dunia bisnis.
  • Berbisnis dengan Teman

Mempunyai teman yang sama-sama memiliki ketertarikan dengan dunia bisnis dan mulai tertarik untuk membuka usaha, tidak ada salahnya Anda mengajaknya menjadi partner bisnis Anda. Anda bisa bergabung ke dalam project bisnis teman Anda atau sebaliknya teman Anda yang bergabung ke dalam project Anda. Ini akan membantu dalam urusan modal. Anda akan terbantu dengan tidak memikirkan modal sendirian.
Nah, itulah beberapa tips mudah mendapatkan modal usaha. Kini Anda pun bisa memilih kredit tanpa kartu kredit yang disediakan oleh platform peminjaman online non-bank.
Loading...
Loading...